Jumat, 10 Mei 2013

Baca The Wal-Mart Way

walmart


Sam Walton dalam Rekan Kerja Wal-Mart 
  1. Jika Anda ingin bisnis yang sukses, orang-orang Anda harus merasa bahwa Anda bekerja untuk mereka - bukan mereka bekerja untuk Anda.
  2. Bagi keuntungan dengan seluruh rekan kerja Anda, dan perlakukan mereka sebagai mitra. Pada gilirannya, mereka akan memperlakukan Anda sebagai mitra.
  3. Saya selalu menikmati menantang orang-orang kami. Jika Anda mengharapkan hal-hal hebat dari orang-orang Anda, mereka akan mengharapkannya dari diri mereka sendiri. Orang-orang kami tidak pernah mengecewakan kami.
  4. Bukanlah merupakan hal yang hebat untuk melihat orang melakukan lebih dari yang pernah merka impikan dapat mereka lakukan..... atau Anda pikir yang mereka dapat lakukan? Sepengetahuan saya, itu adalah kesenangan dalam bisnis ini.
  5.  Untuk mendorong pendelegasian tanggung jawab dalam organisasi Anda, dan untuk mendorong ide-ide bagus meluap dari dalam-nya, Anda harus mendengarkan apa yang rekan kerja Anda coba katakan kepada Anda.
  6. Apa yang kami butuhkan di toko kami adalah kecerdikan, moralitas dan kejujuran.
  7. Kami mendapatkan hasil terbaik dari orang biasa melakukan pekerjaan yang luar biasa.
  8. Sama sekali tidak ada batasan untuk apa yang pekerja sederhana dan biasa dapat capai - jika mereka diberi kesempatan, dorongan, dan insentif untuk melakukan yang terbaik. 
  Halaman 96 dari buku "The Wal-Mart Way" Don Soderqust (Pensiunan Wakil Direktur & Chief Operating Officer). 

Buku  yang saya dapat dari Saudara di Bandung, dan baru menyadari sekarang  ternyata merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, weleh-weleh.

Pada Tahun 1962, Pengusaha bernama "Sam-Walton", adalah pria yang punya impian dan visi (bukan berlandaskan finansial, melainkan pada pelayanan bagi orang lain), dari investasi US$ 6ribu dan pinjaman, dia mendirikan perusahaan Ritel.
Dan sampai sekarang ini Pendapatan US$ 446.950 miliar (2012), dengan jumlah karyawan sekitar 2 juta,
Memiliki 8.500 toko dari 15 negara  seluruh dunia.


Pertumbuhan wal-Mart dalam tiap dekade:
 





 

Strategi Harga Murah Harian - The Production Loop



Dalam buku,  "The Wal-Mart Way" setiap babnya ada kalimat-kalimat motivasi dari beberapa tokoh dunia, diantaranya:

 John Wooden:
Apa yang anda pelajari setelah Anda mengetahuinya adalah yang terpenting. 

Jendral Colin Powell:
Tidak ada rahasia menuju kesuksesan. Kesuksesan adalah hasil dari persiapan, kerja keras, belajar dari kegagalan.

Henry Ford:
Rahasia keberhasian adalah melakukan persiapan sebelum melakukan yang lain.

Bruce Barton:
Saat orang telah melewati perubahan, mereka telah berubah.

Albert von Szent- Gyorgy
Penemuan terdiri dari melihat apa yang dilihat oleh setiap orang dan berpikir apa yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Lewis Carrol
Jika anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, tidak masalah ke arah mana Anda pergi.

John C. Maxwell
Perilaku Individu mempengaruhi perilaku kelompok.

George H. W. Bush
Gunakanlah kekuatan untuk menolong orang. Karena kita diberikan kekuatan bukan untuk memajukan tujuan kita sendiri, atau untuk membuat pertunjukan yang megah di dunia atau untuk sebuah nama. Hanya ada satu kebenaran untuk menggunakan kekuatan, dan itu adalah untuk melayani orang.

Amsal 12:11 NLT
Kerja keras berarti kemakmuran; hanya orang bodoh menyia-nyiakan waktu mereka.

Sam Walton
Setiap kali kita mengjemat satu dolar, hal itu menmpatkan kita satu langkah lebih maju dalam koompetisi-tempat di mana kita selalu ingin berada.

Abraham Lincoln
Beri saya waktu enam jam untuk menebang sebuah pohon dan saya akan menghabiskan empat jam pertama untuk menajamkan kampak.

C.K. Prahalad
Strategi adalah tentang menyesuaikan sumber daya yang terbatas agar pas dengan aspirasi yang ambisius.

Dan Masih banyak lagi, silakan di baca sajalah, pasti menginspirasi Anda.




Pertumbuhan Wal-Mart di Internasional juga pesat, pada halaman 247 menyajikan data Wal-mart yang ada di dunia,


KONTRA !!,
Dari sumber Wikipedia yang saya baca ternyata Wal-Mart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermall Karawaci) pada pertengahan tahun 1990-an namun ditutup karena kurang menguntungkan.
Wal-Mart telah dikritik oleh beberapa kelompok masyarakat, kelompok hak kewanitaan, dan persatuan buruh, khususnya mengenai banyaknya produk-produk yang disumber dari luar negeri, rendahnya tingkat pendaftaran asuransi kesehatan karyawan, penentangan terhadap perwakilan buruh, serta dugaan diskriminasi kelamin.

Tapi menurut Opini saya, ehmmm kayanya bukan salah wal-mart nya, mungkin sistem sudah benar tapi pengelola di Indonesia yang kurang, atau mungkin juga pajak di Indonesia yang tinggi, bisa jadi kompetitor yang tidak suka, Korupsi juga mungkin atau Nepotisme juga bisa jadi, Ahhhh,.... Hanya Opini Saya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar